MODEL-3

PERJANJIAN

PENGADAAN JASA KONSULTAN ………..


NOMOR : K.TEL. /HK.810/…… *)/200XX

*) kode loker pejabat penandatangan Perjanjian



Pada hari ini, ………………. tanggal …………………… bulan ………………..tahun dua ribu ….., (dd – mm -200y) bertempat di ……(nama kota tempat penandatangan perjanjian)….. antara pihak-pihak:-


  1. Perusahaan Perseroan (Persero) PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, Tbk. NPWP : ……………………., Sebuah perusahaan penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi yang dibentuk dan didirikan berdasarkan hukum Republik Indonesia, berkedudukan di Jalan Japati No. 1 Bandung, dalam perbuatan hukum ini diwakili secara sah oleh ……., Jabatan ………….., …..(No.&tgl Surat Kuasa dari Direks ibila dikuasakan atau KD tentang pelimpahan wewenang) selanjutnya dalam Perjanjian ini disebut sebagai TELKOM;


  1. PT. ………, NPWP : …………yang didirikan dengan Akte Notaris ………. di ….. No. … tanggal …………..………, yang telah disahkan oleh Menteri Kehakiman R.I. dengan pengesahan No. ………, berkedudukan di …(isi nama kota sesuai dengan Akte Pendirian)….. dan berkantor di Jalan ……No. .. , …………….. (isi nama kota) ……. dalam perbuatan hukum ini diwalili secara sah oleh ……….., Jabatan Direktur ….., (No&tgl Surat Kuasa dari Direksi, bila dikuasakan) selanjutnya dalam Perjanjian ini disebut sebagai KONSULTAN.



dengan terlebih dahulu mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut :

a. bahwa TELKOM berkehendak bahwa TELKOM berkehendak untuk mengadakan jasa ……….(isi nama jasa), dengan cara ………(Catatan : isi cara pengadaannya : Pelelangan/ Pemilihan langsung/ Penunjukan langsung);


b. bahwa KONSULTAN mempunyai kemampuan, sumber daya serta kesanggupan untuk menyediakan jasa .... (jenis jasa yang akan dilaksanakan) yang dibutuhkan oleh TELKOM dengan kualitas yang dipersyaratkan oleh TELKOM serta harga yang kompetitif dan TELKOM telah menunjuk KONSULTAN sebagai pelaksana pekerjaan sesuai dengan suratnya No ….. tanggal …. ;


c. bahwa KONSULTAN dengan suratnya nomor ………. tanggal……... telah menyatakan kesanggupannya untuk melaksanakan pekerjaan dimaksud Perjanjian ini (harus diminta oleh TELKOM pada saat penerbitan Surat Penunjukan).



telah dicapai kata sepakat, dan dengan ini TELKOM dan KONSULTAN menyatakan mengikatkan diri satu kepada yang lain untuk mengadakan Perjanjian Pengadaan Jasa ……………….(isi nama jasa), dengan ketentuan dan syarat-syarat sebagai berikut :



Pasal 1

DEFINISI-DEFINISI


(diambil dari dokumen pengadaan dan atau dapat ditambah pada saat diskusi kontrak dengan tujuan untuk menyamakan penafsiran)



Pasal 2

LINGKUP PEKERJAAN


TELKOM menyerahkan pekerjaan pengadaan jasa ………., kepada KONSULTAN, sebagaimana KONSULTAN menerima penyerahan pekerjaan tersebut dari TELKOM dan berjanji untuk melaksanakan pekerjaan dimaksud, sesuai Rencana Kerja dan Syarat-syarat/ Term of Reference (TOR)/ Kerangka Acuan dan lingkup pekerjaan sebagaimana diuraikan dalam Lampiran ..... ( Cantumkan Lampiran terkait) Perjanjian ini, serta menyerahkan kepada TELKOM dalam keadaan lengkap dan selesai seluruhnya serta siap untuk digunakan *)


Atau


telah menyelesaikan pekerjaan berdasarkan aktivitas dan jadwal waktu yang telah ditetapkan dalam Perjanjian ini.*)


Catatan : *) Khusus untuk kalimat yang tercetak miring bersifat opsi, tergantung jenis jasanya.


PASAL 3

SYARAT PELAKSANAAN


Dalam melaksanakan pekerjaan menurut Perjanjian ini, KONSULTAN harus mentaati hal-hal sebagai berikut :


a. Term of Reference (TOR) dan perubahan-perubahan beserta syarat-syarat dan ketentuan lain yang telah disepakati oleh TELKOM dan KONSULTAN.


b. Segala petunjuk dan instruksi atas dasar Perjanjian ini yang diberikan oleh Pengawas Pelaksana secara tertulis maupun lisan dalam waktu penyelenggaraan pekerjaan.


Catatan : Khusus untuk jasa konsultan tertentu, yang berkaitan dengan strategi bisnis perusahaan yang erat kaitannya dengan rahasia dagang / rahasia perusahaan, ditambah klausula sbb.

c. KONSULTAN dan personil yang terlibat dalam pelaksanaan pekerjaan menurut Perjanjian ini, tidak diperbolehkan untuk bertindak atau menjadi KONSULTAN bagi perusahaan sejenis untuk jasa konsultan sejenis, terhitung sejak KONSULTAN melaksanakan pekerjaan dimaksud Perjanjian ini sampai dengan 2 (dua) tahun/ ….. tahun (tergantung dari kebutuhan) setelah berakhirnya jangka waktu penyelesaian pekerjaan dimaksud Perjanjian ini


d. Peraturan-peraturan atau ketentuan-ketentuan yang dikeluarkan oleh TELKOM, Pemerintah Pusat maupun Daerah atau Instansi Pemerintah yang berwenang yang berhubungan dengan pelaksanaan pekerjaan dimaksud dalam Perjanjian ini.



PASAL 4

IZIN-IZIN


  1. KONSULTAN atas biaya sendiri wajib memperoleh semua jenis izin dari Pejabat / Instansi yang berwenang tepat pada waktunya, yang diperlukan untuk pelaksanaan pekerjaan menurut Perjanjian ini sedemikian rupa sehingga menjamin terselesaikannya pekerjaan sesuai dengan jangka waktu tersebut pada Pasal 7 Perjanjian ini.


  1. TELKOM sebatas kewenangannya akan membantu KONSULTAN dengan memberikan rekomendasi yang diperlukan dalam memperoleh izin-izin sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) Pasal ini.



PASAL 5

HAK DAN KEWAJIBAN


  1. Disamping ketentuan dan syarat-syarat dalam Pasal-pasal lain Perjanjian ini, maka hal-hal tersebut dibawah ini menjadi hak dan kewajiban KONSULTAN, yaitu :


a. Berhak untuk memasuki ruangan kerja atau bekerja di lokasi TELKOM yang telah ditentukan dalam rangka menyelesaikan pekerjaan menurut Perjanjian ini.


  1. Berhak untuk memperoleh informasi dan atau data yang diperlukan yang terkait dan dalam rangka pelaksanaan pekerjaan menurut Perjanjian ini.


  1. Berhak untuk mendapatkan pembayaran atas penyelesaian pekerjaan sesuai dengan ketentuan Perjanjian ini.


d. Bertanggung jawab atas tepatnya data hasil pekerjaan dan atau rekomendasi yang dibuat, dengan kelengkapan yang sesuai dengan semua persyaratan-persyaratan/ ketentuan-ketentuan yang berlaku, kebenaran perhitungan, kejelasan gambar-gambar (Cantumkan sesuai kebutuhan) serta wajib menjamin kerahasiaannya dalam waktu yang tidak terbatas;

e. Bertanggung jawab atas kelengkapan pekerjaan sehingga hasil pekerjaan benar-benar merupakan suatu hasil yang dapat diandalkan dan dipertanggungjawabkan, serta memenuhi kebutuhan TELKOM sesuai dengan ketentuan dalam Perjanjian ini.


f. Berkewajiban untuk menyediakan serta menggunakan tenaga-tenaga yang baik, baik jumlah maupun kemampuan dan keahliannya dan pengalaman professional yang memadai sesuai dengan pekerjaan menurut Perjanjian ini sebagaimana terdapat dalam Lampiran …. Perjanjian ini, sehingga terpenuhi tugas menurut kualitas, kuantitas dan dalam jangka waktu yang telah ditentukan, dengan rapih, praktis, efisien dan mempergunakan pengetahuan secara teknis profesional.


g. Berkewajiban menyediakan alat-alat (sarana dan prasarana) dalam keadaan cukup dan berkualitas baik untuk melaksanakan pekerjaan dimaksud Perjanjian ini.


h. Berkewajiban mengganti personil-personil KONSULTAN yang dilibatkan dalam penyelesaian pekerjaan, jika menurut pertimbangan TELKOM tidak atau kurang ahli dalam bidang pekerjaan yang sedang dilaksanakan dan KONSULTAN harus mengambil tindakan yang diperlukan untuk penggantian tersebut dengan personil yang setara/ lebih kecakapannya atas tanggungan sendiri.


i. Berkewajiban untuk tidak mengambil keuntungan atas kesalahan yang terlihat maupun dari penghapusan dari beberapa bagian dalam Perjanjian ini, jika KONSULTAN menemukan kesalahan atau perbedaan, KONSULTAN akan segera memberitahukan TELKOM untuk memutuskannya.


j. Berkewajiban menyerahkan semua dokumen yang dibuat oleh KONSULTAN sehubungan dengan Perjanjian ini, dan dokumen yang telah diserahkan dimaksud menjadi milik TELKOM.

k. Berkewajiban menyerahkan perlengkapan dan material yang disediakan dan dibeli oleh KONSULTAN dengan dana yang seluruhnya disediakan oleh TELKOM sehubungan dengan Perjanjian ini, dan menjadi milik TELKOM.

(Catatan : Klausula ini dipergunakan apabila ada kewajiban untuk menyerahkan peralatan sesuai dengan dokumen tender).


l. Berkewajiban memberikan ganti rugi, melindungi dan membela TELKOM, agennya dan karyawannya dengan biaya KONSULTAN sendiri dari semua tindakan, tuntutan kerugian atau kerusakan yang timbul atas pelanggaran oleh KONSULTAN selama pelaksanaan pekerjaan terhadap ketentuan hukum atau hak-hak pihak Ketiga dan Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI).


  1. Disamping ketentuan dan syarat-syarat dalam Pasal-pasal lain Perjanjian ini, maka hal-hal tersebut dibawah ini menjadi hak dan kewajiban TELKOM, yaitu :

  1. Berhak meminta secara tertulis kepada KONSULTAN untuk mengganti karyawan KONSULTAN yang pekerjaan dan atau kegiatannya tidak memuaskan dengan alasan yang kuat dan KONSULTAN harus mengambil tindakan yang diperlukan untuk penggantian tersebut dengan orang yang setara/ lebih kecakapannya atas tanggungan sendiri.


  1. Berhak memeriksa dan atau merubah serta menyetujui rencana dan atau laporan sesuai dengan lingkup pekerjaan yang ditetapkan dalam Pasal 2 Perjanjian ini dengan mendapat persetujuan sebelumnya dari KONSULTAN.


  1. Berhak menggunakan hasil pekerjaan KONSULTAN yang telah diserahkan untuk keperluan TELKOM jika terjadi pemutusan Perjanjian, sepanjang hasil pekerjaan dimaksud akan atau telah dibayar oleh TELKOM kepada KONSULTAN.


  1. Berkewajiban memberikan secara cuma-cuma dan dalam waktu yang wajar semua data dan keterangan yang cukup kepada KONSULTAN jika diperlukan oleh KONSULTAN untuk melaksanakan tugasnya berdasarkan Perjanjian ini.


  1. Berkewajiban menyediakan ruang kerja untuk keperluan KONSULTAN didalam penyelesaian pekerjaan menurut Perjanjian ini, setiap saat apabila diperlukan.

Catatan : tergantung keputusan selama proses pengadaan.


  1. Berkewajiban memberikan kepada KONSULTAN dan karyawannya kartu pengenal yang diperlukan dan perijinan lainnya untuk memasuki daerah dan lokasi yang berkaitan dengan pekerjaan menurut Perjanjian ini.


  1. Berkewajiban memberikan rekomendasi yang diperlukan KONSULTAN dan personilnya yang ditugaskan untuk melaksanakan pekerjaan dimaksud Perjanjian ini dalam mendaftarkan dan memperoleh izin untuk melaksanakan atau mempraktekan keahliannya baik sebagai individu maupun Badan Hukum sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.


h. Berkewajiban menerbitkan Berita Acara sesuai dengan ketentuan dalam Perjanjian ini tepat pada waktunya.


(3) TELKOM dan KONSULTAN akan melaksanakan tanggung jawab dan kewajiban dimaksud ayat (1) dan (2) Pasal ini dalam jangka waktu sebagaimana dimaksud dalam Perjanjian ini, sehingga pekerjaan dapat diselesaikan sesuai dengan jadwal waktu yang telah ditetapkan dalam Perjanjian ini.






PASAL 6

PERLAKUAN SECARA RAHASIA


  1. Dalam melaksanakan pekerjaan sebagaimana dimaksud Perjanjian ini, KONSULTAN serta Personilnya wajib untuk menjaga kerahasiaan data termasuk tetapi tidak terbatas pada Informasi, keterangan dan dokumen-dokumen penting lainnya yang diperoleh dalam rangka pelaksanaan pekerjaan menurut Perjanjian ini, dalam waktu tidak terbatas.

Kewajiban untuk menjaga kerahasiaan dimaksud akan diatur lebih rinci dalan Perjanjian Kerahasiaan sebagaimana terdapat dalam Lampiran …. Perjanjian ini (Catatan : kalimat yang tercetak miring dicantumkan apabila ada Perjanjian kerahasiaan atau Non Disclosure Agreement/ NDA).


(2) KONSULTAN dan atau personilnya tidak akan menggandakan dan atau menyebar luaskan informasi rahasia kepada pihak manapun juga dan dengan cara apapun juga, kecuali dengan persetujuan tertulis terlebih dahulu dari TELKOM.


(3) Kewajiban dimaksud ayat (1) dan (2) Pasal ini, berlaku selama pelaksanaan pekerjaan menurut Perjanjian ini dan setelah berakhirnya Perjanjian ini untuk waktu yang tidak terbatas, kecuali apabila informasi, keterangan dan dokumen-dokumen dimaksud sudah dipublikasikan oleh TELKOM.


(4) Semua informasi yang diungkapkan oleh TELKOM sebagaimana dimaksud ayat (1) Pasal ini merupakan milik TELKOM dan pengungkapan tersebut tidak memberikan hak apapun kepada KONSULTAN.


(5) Dengan surat pemberitahuan tertulis, TELKOM berhak meminta kepada KONSULTAN untuk mengembalikan semua informasi dalam bentuk apapun yang telah diberikan oleh TELKOM kepada KONSULTAN dalam rangka pelaksanaan Perjanjian ini atau untuk memusnahkan informasi tersebut, yang dibuktikan dengan surat pemberitahuan dari KONSULTAN yang menyatakan bahwa KONSULTAN tidak lagi memiliki atau menguasai baik secara langsung maupun tidak langsung informasi tersebut maupun salinannya, dalam jangka waktu 30 (tigapuluh) hari kalender sejak diterimanya pemberitahuan tertulis dari TELKOM.



PASAL 7

JANGKA WAKTU PENYELESAIAN PEKERJAAN


  1. KONSULTAN sanggup dan berjanji untuk melaksanakan dan menyelesaikan seluruh pekerjaan tersebut Pasal 2 Perjanjian ini serta menyerahkan hasilnya kepada TELKOM paling lambat dalam waktu …. (…….) hari kalender terhitung sejak tanggal ditandatanganinya Perjanjian ini. ATAU terhitung sejak tanggal Perjanjian ini dinyatakan berlaku efektif sebagaimana dimaksud Pasal … Perjanjian ini. (Catatan : dapat dipilih salah satu sesuai dengan ketentuan dokumen tender)


(2) Jangka waktu tersebut ayat (1) Pasal ini telah termasuk hari minggu dan hari libur yang ditetapkan oleh Pemerintah, serta hari untuk pemeriksaan pekerjaan dan pembuatan Berita Acara Pemeriksaan dan Penerimaan Hasil Pekerjaan.

(Catatan : Jika jangka waktu yang tercantum dalam ayat (1) di atas hanya untuk penyelesaian pekerjaan saja maka waktu pembuatan Berita Acara tidak termasuk dalam perhitungan waktu pelaksanaan yang diatur dalam ayat (1), sehingga bunyi ayat (2) adalah sebagai berikut :)


(2) Jangka waktu tersebut ayat (1) Pasal ini telah termasuk hari minggu dan hari libur yang ditetapkan oleh Pemerintah, serta hari untuk pemeriksaan pekerjaan namun tidak termasuk sejumlah hari untuk pembuatan Berita Acara Pemeriksaan dan Penerimaan Hasil Pekerjaan.


(3) Yang dimaksud dengan tanggal penyelesaian dan penyerahan hasil pekerjaan adalah tanggal penyelesaian dan penyerahan seluruh pekerjaan dimaksud Perjanjian ini yang tercantum dalam Berita Acara Pemeriksaan dan Penerimaan Hasil Pekerjaan.


(4) Berita Acara Pemeriksaan dan Penerimaan Hasil Pekerjaan akan diterbitkan oleh KONSULTAN dan TELKOM dalam waktu paling lambat 14 (empat belas) hari kalender terhitung sejak diserahkannya Laporan akhir (final report) penyelesaian pekerjaan menurut Perjanjian ini dan dapat diterima TELKOM.

Apabila penerbitan Berita Acara Pemeriksaan dan Penerimaan Hasil Pekerjaan melebihi 14 (empat belas) hari kalender dan hasil pekerjaan dapat diterima TELKOM, maka jangka waktu penyelesaian pekerjaan dianggap telah diselesaikan pada hari ke-14 (empatbelas) terhitung sejak tanggal diterimanya oleh TELKOM Laporan akhir (final report) penyelesaian pekerjaan menurut Perjanjian ini.



PASAL 8

PERPANJANGAN WAKTU PELAKSANAAN PEKERJAAN


  1. Jangka waktu penyelesaian pekerjaan dimaksud Pasal 7 Perjanjian ini dapat diperpanjang, apabila :


a. Ada permintaan secara tertulis dari TELKOM untuk menunda sementara waktu penyelesaian pekerjaan dimaksud Perjanjian ini.


b. Memenuhi alasan pemberian perpanjangan waktu sebagaimana dimaksud Pasal 7 ayat (4) Perjanjian ini.


c. Sejumlah hari keterlambatan pembayaran angsuran yang melampaui jangka waktu yang telah ditetapkan dalam Pasal 12 ayat (4) Perjanjian ini.


  1. Perpanjangan waktu pelaksanaan pekerjaan dimaksud ayat (1) Pasal ini hanya dapat diberikan apabila KONSULTAN menyampaikan permohonan secara tertulis kepada TELKOM dengan mengemukakan alasan yang dapat diterima TELKOM.

  2. Apabila permohonan dimaksud ayat (2) Pasal ini, tidak diajukan sampai dengan berakhirnya jangka waktu penyelesaian pekerjaan dimaksud Pasal 7 Perjanjian ini, maka KONSULTAN dianggap telah melepaskan haknya untuk memperoleh perpanjangan waktu pelaksanaan pekerjaan.



PASAL 9

JAMINAN PELAKSANAAN


  1. KONSULTAN harus menyerahkan Jaminan Pelaksanaan (Performance Bond) kepada TELKOM sebelum Perjanjian ini ditandatangani, berupa Jaminan Bank dari Bank Pemerintah atau Bank Swasta Nasional atau Bank Swasta Asing atau Surety Bond yang diterbitkan oleh Perusahaan Asuransi yang ditetapkan oleh TELKOM sebesar 5% (lima prosen) dari jumlah harga jasa termasuk PPN 10% atau sebesar Rp. ………. ( …. Rupiah) yang diserahkan kepada Bendaharawan TELKOM c.q. DIVISI ……. di Jalan…(isi nama unit );


  1. Jaminan Pelaksanaan dimaksud ayat (1) Pasal ini harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :


Catatan : Agar materinya disesuaikan dengan Nota Dinas DIRKUG No. C.Tel. 40/KU000.KUG-53/2004.


a. Mempunyai masa laku sampai dengan KONSULTAN menyelesaikan seluruh persyaratan dan kewajiban-kewajiban berdasarkan Perjanjian ini yang dinyatakan dalam Berita Acara Pemeriksaan dan Penerimaan Hasil Pekerjaan.

Apabila Jaminan Pelaksanaan tersebut akan habis masa lakunya sebelum pekerjaan selesai, maka KONSULTAN berkewajiban untuk memperpanjang masa laku Jaminan Pelaksanaan tersebut, selambat-lambatnya dalam waktu 14 (sepuluh) hari kalender sebelum habis masa laku Jaminan Pelaksanaan tersebut.

  1. Dapat dicairkan sewaktu-waktu oleh TELKOM berdasarkan alasan-alasan yang diatur dalam Perjanjian ini, tanpa perlu persetujuan terlebih dahulu dari KONSULTAN dan atau Penerbit Jaminan Pelaksanaan dimaksud (un-conditional), dan pencairannya dapat dilakukan sampai dengan 14 (empat belas) hari kalender sesudah masa laku Jaminan Pelaksanaan dimaksud berakhir.


  1. Apabila KONSULTAN tidak menyerahkan Jaminan Pelaksanaan yang telah diperpanjang dalam jangka waktu tersebut pada ayat (2) sub a. Pasal ini, maka TELKOM berhak tanpa perlu adanya pemberitahuan terlebih dahulu kepada KONSULTAN untuk mencairkan Jaminan Pelaksanaan tersebut serta hasil pencairannya menjadi milik TELKOM, dan KONSULTAN tetap berkewajiban menyerahkan lagi Jaminan Pelaksanaan pengganti sesuai dengan ketentuan dalam Perjanjian ini. Apabila Jaminan Pelaksanaan pengganti dimaksud belum diserahkan oleh KONSULTAN, maka TELKOM berhak untuk menahan sisa pembayaran selanjutnya sampai dengan diserahkannya Jaminan Pelaksanaan pengganti dimaksud.


Catatan : (kalimat yang tercetak miring berlaku bila pembayaran menggunakan sistim termyn)


  1. Jaminan Pelaksanaan dimaksud pada ayat (1) Pasal ini akan dikembalikan oleh TELKOM kepada KONSULTAN secara sekaligus setelah ditandatanganinya oleh TELKOM dan KONSULTAN Berita Acara Pemeriksaan dan Penerimaan Hasil Pekerjaan.


  1. Apabila KONSULTAN tidak dapat menyelesaikan pelaksanaan pekerjaannya baik sebagian atau seluruhnya sesuai dengan ketentuan-ketentuan dalam Perjanjian ini, maka TELKOM berhak untuk mencairkan Jaminan Pelaksanaan dimaksud dan hasil pencairannya menjadi milik TELKOM.



PASAL 10

HARGA JASA


  1. Jumlah Harga Jasa untuk penyelesaian seluruh pekerjaan tersebut Pasal 2 Perjanjian ini adalah sebesar Rp. ……………,- (…………rupiah) sudah termasuk PPN 10% (sepuluh persen), pajak-pajak dan bea lainnya menurut Peraturan yang berlaku yang berkaitan dengan Perjanjian ini, dengan rincian sebagaimana terdapat dalam Lampiran …. Perjanjian ini.


  1. Harga jasa tersebut ayat (1) Pasal ini dan harga satuan tersebut dalam Lampiran …. Perjanjian ini adalah merupakan harga tetap, tidak berubah oleh sebab apapun sampai dengan selesai pelaksanaan pekerjaan dan pembayarannya, kecuali bila terjadi pekerjaan tambah-kurang sehingga mengakibatkan bertambah atau berkurangnya harga jasa.


PASAL 11

PAJAK DAN BEA METERAI


(1) Dalam jumlah harga jasa dimaksud Pasal 10 Perjanjian ini telah termasuk PPN 10% (sepuluh prosen), Pajak-pajak, bea meterai dan bea-bea lainnya menurut peraturan dan ketentuan Pemerintah yang berlaku, yang timbul akibat Perjanjian ini, oleh karenanya menjadi tanggung jawab KONSULTAN untuk melunasinya kepada Pemerintah, khusus untuk Pajak Penghasilan akan dipotong langsung oleh TELKOM selaku Wajib Pungut (WAPU) sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


(2) TELKOM wajib segera menyerahkan salinan tanda terima atau tanda bukti setor Pajak Penghasilan dimaksud ayat (1) Pasal ini yang dikeluarkan oleh Pejabat yang berwenang yang menerangkan bahwa TELKOM telah melaksanakan kewajiban kepada Pemerintah berkenaan dengan pajak yang timbul dari Perjanjian ini.

PASAL 12

CARA PEMBAYARAN


Catatan : Apabila ada pembayaran uang muka dan pembayaran selanjutnya merupakan pembayaran terakhir setelah seluruh pekerjaan selesai yang dinyatakan dalam Berita Acara Pemeriksaan dan Penerimaan Hasil Pekerjaan.


  1. Pembayaran atas harga jasa sebagaimana dimaksud Pasal 10 Perjanjian ini sebesar Rp. …………….,- (……………..rupiah), akan dilaksanakan oleh TELKOM kepada KONSULTAN secara giral melalui Bank …….. Cabang ……, Jalan ….. No. .. di ……., dengan rekening nomor AC. No. …………… atas nama KONSULTAN, dengan biaya transfer menjadi tanggung jawab KONSULTAN yang dipotong langsung dari pembayaran tersebut.


  1. Pembayaran akan dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut :


(Catatan : Tata Cara Pembayaran ini didasarkan pada Keputusan Direksi No.KD.10/lg000/SDM-50/2005 tanggal 22 Maret 2005 tentang Kebijakan Manajemen Logistik)


  1. Pembayaran Pertama sebagai uang muka sebesar 15% (lima belas persen) dari harga jasa atau sebesar Rp. ….. ( ….. rupiah), akan dibayarkan oleh TELKOM kepada KONSUTLAN setelah dipenuhinya syarat-syarat sebagai berikut :

  1. Setelah Perjanjian ini ditandatangani oleh kedua belah pihak.


  1. Jaminan Pelaksanaan sebesar 5% (lima persen) dari harga jasa masih berlaku.

  2. Setelah KONSULTAN menyerahkan Jaminan Uang Muka senilai jumlah pembayaran uang muka yang diterima KONSULTAN, yang mempunyai masa laku sampai dengan diterbitkannya Berita Acara Pemeriksaan dan Penerimaan Hasil Pekerjaan.

Jaminan atas uang muka dapat diambil kembali oleh KONSULTAN setelah KONSULTAN menyelesaikan seluruh pekerjaan berdasarkan Perjanjian ini yang dinyatakan dalam Berita Acara Pemeriksaan dan Penerimaan Hasil Pekerjaan.

  1. Pembayaran Kedua sebesar 85% (delapan puluh lima persen) dari harga jasa atau sebesar Rp. ….. (rupiah), akan dibayarkan oleh TELKOM kepada KONSULTAN setelah dipenuhinya syarat-syarat sebagai berikut :--


  1. Jaminan Pelaksanaan sebesar 5% (lima persen) dari harga jasa dan Jaminan bank atas uang muka sebesar 15% (lima belas persen) dari harga jasa masih berlaku.


  1. Setelah seluruh pekerjaan berdasarkan Perjanjian ini diselesaikan oleh KONSULTAN dalam keadaan lengkap, baik dan sesuai dengan lingkup pekerjaan yang telah ditetapkan Perjanjian ini yang dinyatakan dalam Berita Acara Pemeriksaan dan Penerimaan Hasil Pekerjaan.


Setelah dipenuhinya persyaratan tersebut diatas, Jaminan Pelaksanaan dan Jaminan atas uang muka dapat diambil kembali oleh KONSULTAN.


(3) Ketentuan mengenai Bank atau Perusahaan Asuransi penerbit Jaminan Pelaksanaan, persyaratan dan perpanjangan masa laku Jaminan Pelaksanaan dimaksud Pasal 9 ayat (2) dan (3) Perjanjian ini serta ketentuan Pasal 9 ayat (5) Perjanjian ini, berlaku pula atas Jaminan uang muka dimaksud ayat (2) Pasal ini.


(3) TELKOM akan melaksanakan pembayaran kepada KONSULTAN selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kalender terhitung sejak diterimanya surat tagihan oleh TELKOM c.q. Bendaharawan Kantor Perusahaan/ Divisi ……..yang telah memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud ayat (2) Pasal ini, yang dilengkapi pula dengan kuitansi penerimaan dalam rangkap 3 (tiga) dan faktur pajak memenuhi syarat.


(4) Dalam hal syarat-syarat pembayaran dimaksud ayat (2) Pasal ini telah dipenuhi, namun TELKOM belum dapat melaksanakan pembayaran kepada KONSULTAN dalam jangka waktu dimaksud ayat (4) Pasal ini, maka KONSULTAN wajib meneruskan pelaksanaan pekerjaan.


(5-x) Apabila TELKOM terlambat untuk melakukan pembayaran dimaksud ayat (4) Pasal ini, maka terhadap keterlambatan tersebut akan diperhitungkan sebagai perpanjangan waktu pelaksanaan pekerjaan.


Atau (bisa menggunakan ayat (5-x) atas atau ayat (5-y) bawah disesuaikan dengan kondisinya).


(5-y) Apabila TELKOM terlambat untuk melakukan pembayaran dalam waktu dimaksud ayat (4) Pasal ini, maka terhadap keterlambatan tersebut TELKOM akan dikenakan denda keterlambatan pembayaran dari tagihan yang belum dibayarkan untuk setiap hari keterlambatan, sebesar 1o/oo (satu permil) dari jumlah tagihan yang bertalian untuk setiap hari keterlambatan dan harus dibayar sekaligus bersamaan dengan pembayaran dimaksud ayat (4) Pasal ini


(6) TELKOM dibebaskan dari denda dimaksud ayat (5-y) Pasal ini apabila keterlambatan dimaksud disebabkan oleh terjadi Force Majeure dimaksud Pasal 23 Perjanjian ini dan atau disebabkan adanya tindakan/keputusan Pemerintah R.I. kepada TELKOM yang menghalangi TELKOM untuk melakukan pembayaran tepat pada waktunya.


Catatan : ayat (5-y) bersifat negotiable dan dapat dicantumkan bila diminta oleh KONSULTAN.




PASAL 12

CARA PEMBAYARAN

Catatan : Apabila ada pembayaran uang muka dan pembayaran selanjutnya terdapat beberapa kali pembayaran per paket pekerjaan.


(1) Pembayaran atas harga jasa sebagaimana dimaksud Pasal 10 Perjanjian ini sebesar Rp. …………….,- (……………..rupiah), akan dilaksanakan oleh TELKOM kepada KONSULTAN secara giral melalui Bank …….. Cabang ……, Jalan ….. No. .. di ……., dengan rekening nomor AC. No. …………… atas nama KONSULTAN, dengan biaya transfer menjadi tanggung jawab KONSULTAN yang dipotong langsung dari pembayaran tersebut.


(2) Pembayaran dilaksanakan secara sekaligus (100%) dari harga jasa paket/ atau ………. yang bertalian, akan dibayarkan oleh TELKOM kepada KONSULTAN setelah dipenuhinya syarat-syarat sebagai berikut :


a. Setelah Perjanjian ini ditandatangani oleh kedua belah pihak.


b. Jaminan Pelaksanaan masih berlaku sebesar 5% (lima persen) dari harga jasa.


c. Setelah seluruh pekerjaan berdasarkan Perjanjian ini untuk paket atau ….. yang bertalian diselesaikan oleh KONSULTAN dalam keadaan lengkap, baik dan sesuai dengan lingkup pekerjaan yang telah ditetapkan dalam Perjanjian ini yang dinyatakan dalam Berita Acara Pemeriksaan dan Penerimaan Hasil Pekerjaan paket atau ……… yang bertalian.


  1. Setelah KONSULTAN menyerahkan tagihan dalam rangkap 3 (tiga) yang dilengkapi dengan kwitansi tanda terima, faktur pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan asli Berita Acara Pemeriksaan dan Penerimaan Hasil Pekerjaan.


(3) TELKOM akan melaksanakan pembayaran kepada KONSULTAN selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kalender terhitung sejak diterimanya surat tagihan oleh TELKOM c.q. Bendaharawan Kantor Perusahaan/ Divisi ……..yang telah memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud ayat (2) Pasal ini, yang dilengkapi pula dengan kuitansi penerimaan dalam rangkap 3 (tiga) dan faktur pajak memenuhi syarat.

(4) Dalam hal syarat-syarat pembayaran dimaksud ayat (2) Pasal ini telah dipenuhi, namun TELKOM belum dapat melaksanakan pembayaran kepada KONSULTAN dalam jangka waktu dimaksud ayat (4) Pasal ini, maka KONSULTAN wajib meneruskan pelaksanaan pekerjaan.


(5-x) Apabila TELKOM terlambat untuk melakukan pembayaran dimaksud ayat (4) Pasal ini, maka terhadap keterlambatan tersebut akan diperhitungkan sebagai perpanjangan waktu pelaksanaan pekerjaan.


Atau (bisa menggunakan ayat (5-x) atas atau ayat (5-y) bawah disesuaikan dengan kondisinya).


(5-y) Apabila TELKOM terlambat untuk melakukan pembayaran dimaksud ayat (4) Pasal ini, maka terhadap keterlambatan tersebut TELKOM akan dikenakan denda keterlambatan pembayaran dari tagihan yang belum dibayarkan untuk setiap hari keterlambatan, sebesar 1o/oo (satu permil) dari jumlah tagihan yang bertalian untuk setiap hari keterlambatan dan harus dibayar sekaligus bersamaan dengan pembayaran dimaksud ayat (4) Pasal ini


(6) TELKOM dibebaskan dari denda dimaksud ayat (5-y) Pasal ini apabila keterlambatan dimaksud disebabkan oleh terjadi Force Majeure dimaksud Pasal 23 Perjanjian ini dan atau disebabkan adanya tindakan/keputusan Pemerintah R.I. kepada TELKOM yang menghalangi TELKOM untuk melakukan pembayaran tepat pada waktunya.


Catatan : ayat (5-y) bersifat negotiable dan dapat dicantumkan bila diminta oleh KONSULTAN.


PASAL 13

PENGAWAS PELAKSANA PEKERJAAN


  1. Untuk keperluan mengawasi pelaksanaan seluruh pekerjaan dimaksud Perjanjian ini oleh TELKOM, akan dilakukan oleh TELKOM c.q.`…………… sebagai Pengawas Pelaksana.


  1. Bila diperlukan untuk pengawasan pelaksanaan pekerjaan, TELKOM dapat mendatangani tempat pekerjaan KONSULTAN, guna melakukan pemeriksaan dan memberikan petunjuk-petunjuk kepada KONSULTAN.



PASAL 14

PENYERAHAN KEPADA PIHAK KETIGA


(1) Oleh KONSULTAN :


  1. KONSULTAN dilarang menyerahkan pelaksanaan baik sebagian atau seluruh pekerjaan dimaksud Pasal 2 Perjanjian ini kepada pihak ketiga tanpa persetujuan tertulis dari TELKOM.


b. Apabila ketentuan butir a ayat ini dilanggar oleh KONSULTAN maka TELKOM berhak secara sepihak memutuskan Perjanjian ini tanpa adanya tuntutan apapun dari KONSULTAN dan TELKOM berhak menunjuk pihak lain untuk melanjutkan pekerjaan tersebut dan Jaminan Pelaksanaan serta Jaminan Bank atas uang muka menjadi milik TELKOM.



(2) Oleh TELKOM : (ayat ini bersifat negotiable)


a. TELKOM berhak mengalihkan Perjanjian ini kepada pihak ketiga untuk menggantikan kedudukan TELKOM sepanjang pihak ketiga dimaksud dapat menerima seluruh syarat-syarat dan ketentuan Perjanjian ini.


b. Apabila KONSULTAN menolak pengalihan dimaksud butir a ayat ini, maka Perjanjian ini dinyatakan berakhir.


c. Dengan berakhirnya Perjanjian ini, maka :


1) TELKOM akan melakukan pembayaran atas prestasi yang telah dilaksanakan oleh KONSULTAN dan disepakati oleh TELKOM ditambah dengan ganti rugi sebesar suku bunga bank (cost of money) (Catatan : ayat ini bersifat negotiable).


2) Besarnya bunga dihitung berdasarkan bunga pinjaman Bank Pemerintah yang berlaku pada saat dilakukannya perhitungan ganti rugi.


3) Bunga dimaksud dikenakan sejak tanggal Perjanjian ini dinyatakan berakhir sampai dengan tanggal pembayaran atas prestasi dimaksud butir c.1 ayat ini.


PASAL 15

PEKERJAAN TAMBAHAN DAN KURANGAN


  1. Setiap penambahan atau pengurangan terhadap volume pekerjaan yang telah ditetapkan dalam Perjanjian ini baru dapat dilaksanakan setelah ada perintah secara tertulis dari TELKOM c.q. ……. kepada KONSULTAN.


  1. Jumlah biaya pekerjaan tambahan atau kurangan akan dihitung berdasarkan harga satuan yang tercantum dalam Lampiran IX Perjanjian ini.


  1. Pembayaran pekerjaan tambahan akan dilaksanakan setelah Amandemen terhadap Perjanjian ini yang mengatur tentang pekerjaan tambahan dan kurangan yang dimaksud ayat (1) Pasal ini yang telah ditandatangani oleh TELKOM dan KONSULTAN dengan formalitas yang sama dengan Perjanjian ini.



PASAL 16

KERUSAKAN DAN KERUGIAN


  1. KONSULTAN bertanggung jawab untuk mengganti semua kerusakan dan atau kerugian baik langsung maupun tidak langsung (loss of opportunity dan loss of revenue) dengan maksimum sebesar 100% (seratus persen) dari harga jasa terhadap barang-barang atau kepentingan TELKOM atau pihak lain yang timbul akibat kesengajaan atau kelalaian KONSULTAN, pegawai-pegawainya, pekerja-pekerjanya ataupun orang-orang yang bekerja untuknya, paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalender terhitung sejak tanggal pemberitahuan dari TELKOM.

Apabila KONSULTAN lalai atau tidak melaksanakannya, maka TELKOM berhak secara sepihak memotong langsung dari jumlah tagihan KONSULTAN yang belum dibayarkan TELKOM, senilai kerugian dimaksud.


  1. Bilamana kerusakan atau kerugian dimaksud ayat (1) Pasal ini dapat dibuktikan oleh KONSULTAN bukan sebagai akibat kesengajaan atau kelalaian KONSULTAN, pegawai-pegawainya, pekerja-pekerjanya ataupun orang-orang yang bekerja untuknya maka KONSULTAN dibebaskan dari tanggung jawab tersebut ayat (1) Pasal ini.



PASAL 17

L A P O R A N


Selama jangka waktu pelaksanaan pekerjaan, KONSULTAN harus menyampaikan laporan tertulis berupa laporan bulanan atau ……..(cantumkan sesuai kebutuhan) atas pelaksanaan pekerjaan yang ditujukan kepada Pengawas Pelaksana dengan tembusan kepada …………….


Catatan : Kata yang tercetak miring, disesuaikan dengan jangka waktu penyelesaian pekerjaanya.


PASAL 18

JAMINAN ATAS HASIL PEKERJAAN


(1) KONSULTAN menjamin bahwa semua hasil pekerjaan KONSULTAN berdasarkan Perjanjian ini yang diserahkan kepada TELKOM tidak diperoleh dengan cara yang bertentangan dengan hukum dan tidak melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) serta tidak dibebani dengan hal-hak pihak lain yang dapat menghambat/ mengganggu penyerahan dan pemanfaatannya oleh TELKOM.


(2) Jika terjadi klaim atau tuntutan lainnya sehubungan dengan hal tersebut ayat (1) Pasal ini, KONSULTAN membebaskan TELKOM dari segala tuntutan apapun dan dimanapun yang mungkin timbul serta KONSULTAN dengan ini menyatakan akan mengambil segala tindakan hukum yang perlu termasuk mewakili ke depan Pengadilan atau Lembaga lainnya.

  1. Apabila klaim atau tuntutan Pihak Ketiga sebagaimana dimaksud ayat (2) Pasal ini dikabulkan oleh Pengadilan atau oleh Lembaga apapun, maka KONSULTAN menjamin bahwa hasil pekerjaan menurut Perjanjian ini, tetap dapat dipergunakan dan menjadi milik TELKOM.


  1. KONSULTAN menjamin apabila hasil pekerjaan yang diserahkan kepada TELKOM berdasarkan Perjanjian ini tidak dapat dilaksanakan atau digunakan oleh TELKOM dan atau dalam pelaksanaannya menimbulkan kerugian bagi TELKOM, maka KONSULTAN bersedia untuk mengembalikan kepada TELKOM harga jasa yang telah dibayar oleh TELKOM kepada KONSULTAN, dengan jumlah maksimum sebesar ..% (……. Persen) dari harga jasa dimaksud Perjanjian ini dalam waktu 7 (tujuh) hari kerja terhitung sejak diterimanya oleh KONSULTAN surat pemberitahuan secara tertulis dari TELKOM.


Catatan :

1. Jumlah maksimum agar dinegosiasikan.

2. Klausula ini dipergunakan tergantung kondisi dan atau jenis jasa konsultan dimaksud dan bersifat negotiable.



PASAL 19

D E N D A


  1. Jika jangka waktu penyelesaian pekerjaan dilampaui tanpa adanya perpanjangan waktu pelaksanaan pekerjaan, maka kepada KONSULTAN akan dikenakan denda sebesar 1 o/oo (satu permil) atau (besaran lain tergantung risiko) dari jumlah harga jasa dimaksud Perjanjian ini untuk setiap hari keterlambatan.


  1. Jumlah dari denda dimaksud ayat (1) Pasal ini akan dipotong secara sekaligus dari angsuran pembayaran berikutnya yang masih belum dibayarkan oleh TELKOM kepada KONSULTAN.


PASAL 20

PEMBEBASAN DENDA


KONSULTAN dibebaskan dari denda dimaksud Pasal 19 Perjanjian ini apabila :


a. Keterlambatan dimaksud disebabkan oleh Force Majeure, yang dibuktikan secara sah dengan surat resmi dari Pejabat Pemerintah yang berwenang c.q. Kepala Daerah Tingkat II atau Pejabat lain yang ditunjuknya.


b. Kelambatan tersebut dikarenakan perintah tertulis dari TELKOM kepada KONSULTAN untuk menunda atau menghentikan untuk sementara waktu pelaksanaan pekerjaan.


c. Permintaan perpanjangan waktu penyelesaian pekerjaan dimaksud Pasal 8 Perjanjian ini disetujui secara tertulis oleh TELKOM c.q. ………….




PASAL 21

PEMUTUSAN PERJANJIAN


(1) TELKOM  berhak  secara sepihak tanpa adanya tuntutan apapun dari pihak manapun termasuk KONSULTAN, untuk memutuskan Perjanjian ini, apabila salah satu diantara sebab-sebab tersebut dibawah ini terjadi :


  1. Apabila dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalender terhitung sejak Perjanjian ini ditandatangani, KONSULTAN ternyata belum memulai pelaksanaan pekerjaan menurut Perjanjian ini. (Catatan :waktu 30 hari disesuaikan dengan jangka waktu penyelesaian pekerjaan dan atau risiko yang mungkin dialami TELKOM bila terjadi keterlambatan)

  1. Apabila pekerjaan tertunda karena terjadinya kejadian-kejadian force majeure yang berlangsung lebih dari 6 (enam) bulan secara terus menerus. (Catatan : waktunya disesuaikan dengan jangka waktu penyelesaian pekerjaan)


c. Apabila batas waktu penyelesaian pekerjaan dimaksud Pasal 7 Perjanjian ini dilampaui lebih dari 50 (lima puluh) hari kalender atau jumlah denda telah mencapai 5% (lima persen) dari harga jasa.-


Catatan : klausula ini dapat disesuaikan dengan jangka waktu penyelesaian pekerjaan . Misalnya jangka waktu penyelesaian pekerjaan 30 hari kelender maka, maka batas waktu pelampauan tidak lebih dari 30 hari kalender atau denda telah mencapai maksimal 3% dari harga jasa.


d. Apabila KONSULTAN ternyata menyerahkan pelaksanaan pekerjaan baik sebagian atau seluruhnya kepada Pihak Ketiga tanpa persetujuan tertulis dari TELKOM.


e. Apabila pekerjaan tertunda oleh KONSULTAN lebih dari 1 (satu) bulan, dimana tertundanya pekerjaan tersebut tidak disebabkan oleh kejadian-kejadian force majeure, tidak juga oleh karena kesalahan TELKOM atau tidak disebabkan oleh hal-hal untuk mana TELKOM dapat menyetujuinya, tetapi tertundanya pekerjaan tersebut disebabkan KONSULTAN tidak dapat melanjutkan pekerjaannya, termasuk namun tidak hanya terbatas pada surat izin usaha dicabut atau dinyatakan tidak berlaku lagi atau KONSULTAN dinyatakan pailit oleh Pengadilan.


f. Kecuali untuk hal-hal dimaksud huruf a s/d e ayat ini, apabila setelah diberi peringatan tertulis sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut dengan selang waktu penerbitan surat peringatan selama 7 (tujuh) hari kerja KONSULTAN tetap melalaikan kewajibannya.


(2) Untuk  hal ikhwal pemutusan Perjanjian dimaksud Pasal ini, kedua  belah pihak dengan ini menyatakan sepakat menge­sampingkan  berlakunya  ketentuan Pasal 1266 Kitab Undang-undang Hukum Perdata terhadap Perjanjian ini, sehingga pemutusan Perjanjian ini dapat dilakukan secara sah cukup dengan surat pemberitahuan secara tertulis dari TELKOM kepada KONSULTAN,  tanpa perlu menunggu adanya keputusan dari Hakim, serta dengan ini KONSULTAN menyatakan melepaskan  hak-hak  yang  timbul dari padanya apabila ada.-

Dalam hal terjadi pemutusan Perjanjian dimaksud Pasal ini, maka kepada KONSULTAN tetap dikenakan sanksi denda sesuai dengan Pasal 19 Perjanjian ini apabila ada, dan Jaminan Pelaksanaan serta Jaminan atas uang muka menjadi milik TELKOM. (Catatan : bila ada jaminan pelaksanaan dan jaminan atas uang muka)


  1. Dalam hal terjadinya pemutusan Perjanjian ini, ketentuan-ketentuan dalam Perjanjian ini berlaku terus sampai diselesaikannya kelebihan atau kekurangan pembayaran dimaksud Perjanjian ini yang telah dilakukan oleh TELKOM kepada KONSULTAN, atas prestasi pekerjaan yang dapat diterima TELKOM. TELKOM berwenang untuk menetapkan bagian pekerjaan yang dapat diterimanya dan akan dipergunakan sebagai dasar perhitungan penyelesaian kelebihan atau kekurangan pembayaran yang telah dilakukan oleh TELKOM.


  1. Dalam hal Perjanjian ini menjadi putus dan TELKOM memilih menyelesaikan sendiri atau menyerahkan kepada Pihak lain untuk meneruskan penyelesaian pekerjaan yang tidak ataupun belum diselesaikan oleh KONSULTAN karena sebab dimaksud ayat (1) butir a, c, d, e, dan f Pasal ini, maka KONSULTAN bertanggung jawab atas kelebihan harga penyelesaian sisa pekerjaan yang diserahkan TELKOM kepada pihak lain atau apabila diselesaikan sendiri oleh TELKOM.

KONSULTAN dengan ini menyatakan memberikan kuasa penuh kepada TELKOM yang tidak dapat ditarik kembali oleh sebab apapun untuk memotong secara langsung selisih harga tersebut dari uang KONSULTAN yang masih ada dalam penguasaan TELKOM baik yang lahir dari Perjanjian ini maupun perjanjian lain antara TELKOM dan KONSULTAN.


(5) KONSULTAN dengan ini menyatakan membebaskan TELKOM dari segala tuntutan hukum termasuk dari Pihak Ketiga karena putusnya Perjanjian ini, oleh karena itu sepenuhnya menjadi beban dan tanggung jawab KONSULTAN.



PASAL 22

FORCE MAJEURE


  1. Yang dimaksud dengan Force Majeure adalah keadaan-keadaan diluar kekuasaan satu Pihak, yang mengakibatkan Pihak tersebut tidak dapat melaksanakan Perjanjian ini, yaitu keadaan sebagai berikut :


  1. Gempa bumi besar, taufan, banjir besar, kebakaran besar, tanah longsor dan wabah penyakit.


  1. Pemogokan umum, huru-hara, perang, sabotase dan pemberontakan.

  1. Dalam hal terjadi Force Majeure dimaksud ayat (1) Pasal ini, maka PIHAK yang mengalami Force Majeure wajib untuk memberitahukan secara tertulis kepada Pihak Lainnya dalam waktu 7 (tujuh) hari kalender sejak saat mulainya begitu juga saat berakhirnya dan diterangkan secara resmi oleh Pejabat Pemerintah/ Instansi yang berwenang.


  1. Kelalaian atau kelambatan KONSULTAN dalam memenuhi kewajiban memberitahukan dimaksud ayat (2) Pasal ini, mengakibatkan tidak diakuinya oleh TELKOM peristiwa dimaksud ayat (1) Pasal ini sebagai Force Majeure.


(4) Kejadian-kejadian tersebut ayat (1) Pasal ini dapat diperhitungkan sebagai perpanjangan waktu pelaksanaan pekerjaan dimaksud Pasal 7 Perjanjian ini, dan perpanjangan waktu pelaksanaan pembayaran oleh TELKOM sebagaimana dimaksud Pasal 11 ayat (4) Perjanjian ini

(5) Semua kerugian dan biaya yang diderita oleh salah satu pihak sebagai akibat terjadinya Force Majeure bukan merupakan tanggung jawab pihak lain.



PASAL 23

LAMPIRAN-LAMPIRAN


  1. Lampiran-lampiran dari Perjanjian ini merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan serta mempunyai kekuatan hukum yang sama serta mengikat seperti halnya Pasal-pasal lain dari Perjanjian ini.


  1. Lampiran-lampiran dimaksud ayat (1) Pasal ini terdiri dari :


a. Lampiran I : Term of reference (TOR) beserta perubahannya

b. Lampiran II : Rekapitulasi harga jasa serta rincian harga satuan.

c. Lampiran III : 1) Surat Penunjukan pelaksanaan pekerjaan.

2) Surat Pernyataan Kesanggupan

d. Lampiran IV : Jadwal waktu penyelesaian pekerjaan.pelaksanaan.

e. Lampiran V : Tanda bukti setor Jaminan Pelaksanaan

f. Lampiran VI : Perjanjian Kerahasiaan Informasi / NDA.

g. Lampiran VII : Dst. (Catatan : Tambahkan lampiran terkait jika diperlukan)


Catatan : Lampiran-lampiran disesuaikan dengan proses pengadaannya dan dokumen-dokumen terkait lainnya.


PASAL 24

PERBEDAAN-PERBEDAAN


  1. Apabila terdapat perbedaan antara lampiran-lampiran Perjanjian ini dengan Pasal-pasal dalam Perjanjian ini, maka yang berlaku dan mengikat adalah pasal-pasal dalam Perjanjian ini.


  1. Apabila terdapat perbedaan-perbedaan antara ketentuan-ketentuan dalam lampiran yang satu dengan lampiran yang lainnya, maka ketentuan dari lampiran yang menggunakan angka (baik Romawi maupun Arab) yang lebih besar yang dinyatakan mengikat untuk dilaksanakan


(3) Apabila terdapat perbedaan penyebutan jumlah, ukuran dan lain-lain antara penyebutan dengan angka dan penyebutan dengan huruf, maka penyebutan dengan huruf yang dinyatakan mengikat untuk dilaksanakan.



PASAL 25

PENYELESAIAN PERSELISIHAN


  1. Apabila dikemudian hari terjadi perselisihan dalam penafsiran atau pelaksanaan ketentuan-ketentuan dari Perjanjian ini, TELKOM dan KONSULTAN sepakat untuk terlebih dahulu menyelesaikannya secara musyawarah.


(2) Bilamana musyawarah tersebut ayat (1) pasal ini tidak mengha­silkan kata sepakat tentang cara penyelesaian perselisihan, maka TELKOM dan PEMBORONG sepakat untuk menyerahkan semua sengketa  yang timbul dari Perjanjian ini kepada …. (Catatan : Dapat diselesaikan melalui Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) atau diselesaikan Pengadilan Negeri setempat).


Catatan :

a. Pemilihan BANI dilakukan dengan pertimbangan apabila di lokasi yang bertalian terdapat kantor BANI.

b. Pemilihan Pengadilan Negeri dengan pertimbangan apabila di lokasi yang bertalian tidak ada kantor BANI.


(3) Selama perselisihan masih dalam proses penyelesaian, maka TELKOM dan KONSULTAN wajib untuk tetap melaksanakan kewajibannya berdasarkan Perjanjian ini.


PASAL 26

BERLAKUNYA PERJANJIAN

Catatan : Pasal ini hanya berlaku apabila ada persyaratan-persyaratan lain yang harus dipenuhi


(1) Perjanjian ini dinyatakan efektif berlaku setelah dipenuhinya syarat-syarat sebagai berikut:

a. ……………

b. ……………

c. Dstnya …...


  1. Persyaratan-persyaratan sebagaimana dimaksud ayat (1) Pasal ini harus telah dipenuhi dalam waktu paling lambat 30 (tigapuluh) hari atau waktu lainnya (ditentukan oleh User) kalender terhitung sejak tanggal ditandatanganinya Perjanjian ini.


  1. Apabila setelah berakhirnya waktu 30 (tigapuluh) hari kalender dimaksud ayat (2) Pasal ini persyaratan-persyaratan dimaksud ayat (1) Pasal ini belum dipenuhi, maka : ……


Catatan : bias dipilih dua alternative dibawah ini.

a. Perjanjian ini dinyatakan berlaku efektif terhitung sejak hari ke-30 (tigapuluh) atau waktu lain (ditentukan User);

atau

b. Perjanjian ini dinyatakan berakhir.



PASAL 27

HUKUM YANG BERLAKU


Perjanjian ini tunduk pada Hukum Negara Republik Indonesia. Hal-hal yang tidak dan atau belum diatur dalam Perjanjian ini tunduk pada ketentuan hukum yang berlaku bagi perjanjian, termasuk namun tidak terbatas pada Hukum Perjanjian yang termuat dalam Buku III Kitab Undang Undang Hukum Perdata (KUHPerdata).



PASAL 28

ITIKAD BAIK


Masing-masing Pihak menjamin kepada Pihak lainnya bahwa Pihaknya akan melaksanakan Perjanjian ini dengan itikad baik dan secara jujur dan mematuhi sepenuhnya prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG)/ Etika Bisnis, Tidak satupun ketentuan dan atau penafsiran atas ketentuan dalam Perjanjian ini atau ketidak jelasan dalam Perjanjian ini akan digunakan oleh satu Pihak untuk mengambil keuntungan secara tidak wajar dan mengakibatkan kerugian bagi Pihak lainnya, dan tidak satupun ketentuan dalam Perjanjian ini dimaksudkan untuk memberikan keuntungan secara tidak wajar kepada salah satu pihak.


PASAL 29

LAIN-LAIN


  1. Perjanjian ini tidak bertentangan dengan Anggaran Dasar masing-masing pihak serta tidak melanggar peraturan yang mengikat masing-masing pihak.

Masing-masing pihak telah mengambil semua tindakan yang diperlukan dan memperoleh semua persetujuan/ijin sesuai dengan ketentuan Anggaran Ddasar masing-masing pihak dan/atau peraturan yang berlaku untuk menandatangani dan melaksanakan Perjanjian ini dan pihak yang menandatangani Perjanjian ini untuk Para Pihak memiliki wewenang untuk menandatangani Perjanjian ini dan mengikat masing-masing Pihak


  1. Setiap perubahan isi Perjanjian ini termasuk lampirannya akan mengikat apabila dinyatakan secara tertulis dan disetujui oleh TELKOM dan KONSULTAN dengan jalan membuat dan menandatangani Amandemen atau Side Letter terhadap Perjanjian ini, serta akan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dan mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan Perjanjian ini.


  1. Segala  ketentuan  dan syarat-syarat  dalam  perjanjian ini berlaku serta mengikat bagi pihak-pihak yang menandatangani, pengganti-penggantinya dan mereka yang memperoleh keuntungan dari padanya;


  1. Perjanjian ini dibuat dalam rangkap 2 (dua) ASLI masing-masing sama bunyinya diatas kertas bermeterai cukup serta mempunyai kekuatan hukum yang sama setelah ditandatangani dan dibubuhi Cap perusahaan kedua belah pihak.

Salinan/ Copy dari ASLI-nya dibuat oleh dan atas biaya KONSULTAN dalam rangkap .......... (……) (cantumkan sesuai kebutuhan) untuk diserahkan kepada TELKOM guna keperluan pengawasan pekerjaan dan keperluan lain.


Demikian Perjanjian ini dibuat dengan itikad baik untuk dipatuhi dan ditaati oleh Kedua Belah Pihak TELKOM dan KONSULTAN.



K O N S U L T A N, T E L K O M,



Meterai Rp.6.000,-



(Nama jelas) (Nama Jelas)

Jabatan Jabatan

Draft disusun oleh Unit Hukum & Compliance Corporate 22

Untuk hal-hal yang kurang jelas, hubungi Hand Marten/Essywarti Bahar/Alfina Fairus di Tlp. 022-4527327

Hanya dapat diperbanyak/ dicopy untuk keperluan TELKOM